Ini adalah blog pribadi saya, berisikan tulisan-tulisan saya yang tentunya terinspirasi dari banyak hal dan kejadian. Jika ada kebaikan di dalamnya tentu datangnya dr Robb kita yg Maha Baik, jika ada kealpaan pasti datangnya dr saya pribadi. Semoga bermanfaat.

Senin, 02 Januari 2012

Keep on Writing!

Pagi ini seperti pagi-pagi biasanya..ba’da sholat shubuh dan tilawah kunyalakan laptop butut kesayanganku. Kemudian memasang modem dan seperti biasa mulai berselancar di dunia maya. Mengecek email adalah hal rutin pertama yang aku lakukan.
Ah masih belum ada… itu lagi yang terbesit di hati. Mungkin memang tulisanku belum layak muat. Hfft…sabar, sabar…

Lantas aku pun mulai kembali asik berselancar lagi. Membaca berita-berita hari ini di Koran online langgananku, mengupdate blog pribadi, dan lain-lain. Sedang asik berselancar di dunia maya, tiba-tiba handphone-ku pun bergetar,
tanda ada sms yang masuk. Mustofa. Nama teman se-jurusanku di kampus itu yang muncul.

“ wah, tembus Republika nih tulisannya ki,,selamet ya…jangan lupa traktirannya lo..:)”
What? Really?? Masih penuh ragu dan tidak percaya..

 Setiap pagi aku selalu cek Koran-koran online yang aku kirimi tulisanku. Tapi hasilnya tetap sama. Masih saja belum aku dapati tulisanku disana.

Dengan segera kubalas smsnya,
“masa? judulnya apa coba??”
“judulnya Membuka Pintu Syurga.”

Deg. Membuka Pintu Syurga?? Itu memang salah satu judul tulisan yang aku kirimkan ke koran itu.
“hah?? Yang bener… Alhamdulillah..”

Segera kala itu juga aku bergegas keluar dari kosanku menuju tukang Koran di depan gang. Membeli satu buah Koran Republika, yang sebelumnya sudah kupastikan memang terdapat tulisanku di halaman pertamanya, tepatnya di kolom Hikmah.

Alhamdulillah… ini adalah kali pertamanya tulisanku dimuat di Koran Republika. Di kolom yang sama dengan kolom dimana tulisan-tulisan Ka Ali Rif’an -ketua FLP Ciputat- sering sekali muncul. Wah senang sekali bukan..
Siangnya ketika menghadiri sebuah acara salah satu UKM di kampus, tiba-tiba saja ada beberapa adik kelas yang menghampiriku. Dan membrondong beberapa pertanyaan untukku.

“ kaka, tulisannya dimuat di Republika ya hari ini.. wuah…keren keren…..”
“ka, gimana atuh caranya,,,,,kasih tau dong…”
“kaka…wah dah jadi penulis nih sekarang….”

Ya seputar itu lah sapaan serta pertanyaan-pertanyaan mereka padaku hari itu. Jadilah aku layaknya selebriti dadakan di hari itu. Ada juga adik-adik yang benar-benar setengah memaksa meminta tips-tips menulis dariku. Oala..malu sekali rasanya. Padahal baru 2x tulisanku dimuat di media cetak, dan beberapa kali di media online. Rasanya itu semua masih sangat belum cukup untuk bekalku menggurui mereka. Namun bagaimana pun aku tetap memberikan sesuatu kepada mereka. Menyampaikan poin-poin penting yang harus kita lakukan agar tulisan kita dapat tembus ke media baik cetak atau pun online.

Pertama tentu saja, membaca. Ya, kita tidak mungkin menjadi seorang penulis yang baik jika kita bukan seorang pembaca yang baik. Karena apa yang akan kita tuliskan itu sungguh membutuhkan data-data dan fakta-fakta konkret yang ada. Baik itu menulis fiksi apalagi nonfiksi, semuanya sudah pasti memerlukan data-data sebagai penguat tulisan kita.

Kemudian jika ingin tulisan kita dimuat di sebuah media, maka terlebih dahulu kita harus mengenali media tersebut. Gaya penulisan media tersebut, tema yang diangkat media tersebut, sampai dengan jumlah kata atau karakter yang biasa ditampilkan di tiap kolomnya. Karena bisa jadi tulisan kita sudah sangat baik, namun terlalu panjang untuk kolom yang kita tuju, alhasil tulisan tersebut tidak mungkin bisa dimuat bukan?

Lalu poin yang tidak kalah penting dan merupakan kunci dari kesuksesan disegala bidang adalah keep on trying. Jangan pernah lelah untuk terus mencoba. Sekali dua kali mengirim tulisan dan tidak dimuat itu sudah biasa . Coba terus, terus mencoba itu adalah kuncinya. So, keep on trying!


Yaps. Itulah sedikit pengalaman dan tips menulis dari saya yang masih belajar ini. Maka tunggu apa lagi? Ambil laptopmu atau kertas dan pulpenmu dan menulis lah. Just keep on writing kawan




5 komentar:

  1. Spakat!
    smangat Daw!
    hmm.. kalian (kalian bertiga) memang saingan terberat ella.. =)
    selalu dalam kebaikan..
    InsyaAllah ;)

    BalasHapus
  2. Yaaaahhhh,,, sama tuh aktifitasnya....

    Ngecek email dari majalah atau penerbit...

    Hahahahaha.....

    Ki, kamu mirip sekali dengan Ayahmu...

    Hey,,, bikin blog yang bagus gmna?
    Gaptek nie....

    BalasHapus
    Balasan
    1. smangat terus nulisnya nuur... update terus blog-nya ya... :)

      Hapus
  3. alhamdulillah.. :)

    yuk terus berbagi..

    BalasHapus