Ini adalah blog pribadi saya, berisikan tulisan-tulisan saya yang tentunya terinspirasi dari banyak hal dan kejadian. Jika ada kebaikan di dalamnya tentu datangnya dr Robb kita yg Maha Baik, jika ada kealpaan pasti datangnya dr saya pribadi. Semoga bermanfaat.

Rabu, 30 November 2011

Wisata Bahari Indonesia



Prakiraan nilai ekonomi potensi dan kekayaan laut Indonesia yang telah dihitung para pakar dan lembaga terkait dalam setahun mencapai 149,94 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14.994 triliun. Potensi tersebut meliputi perikanan senilai 31,94 miliar dollar AS, wilayah pesisir lestari 56 miliar dollar AS, bioteknologi laut total 40 miliar dollar AS,  wisata bahari 2 miliar dollar AS, minyak bumi sebesar 6,64 miliar dollar AS dan transportasi laut sebesar 20 miliar dollar AS.
Jumlah prakiraan tersebut seharusnya sudah cukup menjadi alasan bagi pemerintah Indonesia untuk memberikan perhatian lebih pada kelautan Indonesia. Namun pada kenyataannya belum ada pemaksimalan pada bidang ini.
Dari berbagai potensi tersebut, potensi wisata bahari sering kali mendapatkan perhatian lebih. Bagaimana tidak?
Di kancah Internasional Indonesia sangat terkenal dengan keindahan alam atau pariwisatanya. Apa yang menjadi tujuan utama wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia? Bali. Bunaken.
 Indonesia sebagai Negara kepulauan memang terkenal dengan keindahan wisata baharinya. Tidak hanya Bali atau bunaken yang sudah mendunia. Di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ada wisata air Iboih, yang ada di pulau Weh. Di bagian timur ada kawasan Raja Ampat.Dan kabupaten Biak di Papua Barat. Sang hyang di Anyer, hingga pulau seribu.
Ya. Siapa yang sangka kota Jakarta yang terkenal dengan kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langitnya, dengan kemacetan yang tiada tertandingi di tiap jalannya memiliki keindahan luar biasa di kepulauan seribu yang terletak kurang lebih 45 km sebelah Utara Jakarta.
Seperti yang tertera dalam wesite Jakarta-tourism, Pulau seribu terdiri dari sekitar 140 gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan Teluk  Jakarta. Kepulauan ini merupakan kawasan wisata bahari. Pulau-pulau Ayer, Putri, Pelangi, Sepa, dan Pantara telah dikembangkan sebagai “Resort Island”. Sarana-sarana transportasi, akomodasi serta fasilitas pendukung lainnya seperti peralatan untuk olah raga air dan selam juga tersedia.
Untuk mencapai Kepulauan Seribu, tersedia sarana transportasi laut yang bertolak dari dermaga Marina Jaya Ancol dengan waktu tempuh berkisar 1-2 jam. Sangat mudah sekali bukan bagi para wisatawan pecinta laut yang ingin menikmati panorama indah pantai, atau ingin melakukan olahraga pantai di kepulauan nan indah ini.
Namun jelas, segala potensi tidak akan lagi ada gunanya jika tidak ada pemanfaatan dan pemaksimalan akan potensi ini. Pemerintah harus lebih serius lagi dalam menangani hal ini. Terlebih lagi saat ini 85% terumbu karang yang ada di Indonesia sedang di ambang kerusakan. Maka itu kewaspadaan dan pelestarian lingkungan biodata laut harus lebih ditingkatkan agar kualitas wisata bahari Indonesia tetap terjaga dan para wisatawan baik lokal atau pun internasional dapat terus berkunjung ke Indonesia yang artinya akan meningkatkan pemasukan Negara.
Potensi laut Indonesia begitu beragam dan kaya. Mari gali terus dan maksimalkan potensi tersebut. Agar kelak bangsa Indonesia dapat diakui oleh dunia sebagai Negara maritim yang berkualitas dan penuh daya guna.

_gagal muat... hehe.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar