Ini adalah blog pribadi saya, berisikan tulisan-tulisan saya yang tentunya terinspirasi dari banyak hal dan kejadian. Jika ada kebaikan di dalamnya tentu datangnya dr Robb kita yg Maha Baik, jika ada kealpaan pasti datangnya dr saya pribadi. Semoga bermanfaat.

Rabu, 30 November 2011

UIN Book Fair 2011, Khazanah Ilmu Untuk Negeri

Membaca merupakan salah satu kunci untuk mencerdaskan bangsa. Hasil survei organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan (UNESCO) menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan minat baca masyarakat paling rendah di Asean. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kurangnya kesadaran kita akan pentingnya membaca. Maka dari itu sudah seharusnya sebagai para intelektual muslim kita bersama berupaya untuk meningkatkan minat baca tersebut. Karena tidak akan maju suatu bangsa tanpa adanya minat baca yang tinggi dalam masyarakat terutama pelajar dan mahasiswanya.

Berlandaskan hal tersebut, maka Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bersama BEM FKIK, BEMJ Akuntansi, BEMJ Pendidikan Dokter, BEMJ MIPA beserta Media Center Komunitas se-UIN Jakarta pada tahun ini bekerja sama mengadakan acara UIN Book Fair ke-4.

UBF ini merupakan acara rutin yang selalu diadakan oleh BEM UIN
pada 4 tahun terakhir. Acara yang berlangsung pada tanggal 9 – 14 Mei 2011 yang bertempat di Aula Student Center ini bertemakan "Khazanah Ilmu Untuk kebangkitan Negeriku". Terdapat kurang lebih 28 stand yang turut meramaikan. Stand-stand dari berbagai penerbit seperti Mizan, Qisthi Press, Gema Insani Press, Prizma, serta penerbit dari kelompok AgroMedia juga berbagai stand lainnya seperti Bank bjb, Bank BNI, Rumah Zakat, KAMMI, hingga UKM LDK yang ada di kampus ini pun turut meramaikan acara tersebut.

Acara UBF kali ini dibuka dengan pawai yg diadakan pada pukul 8.00 dan dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor (purek) 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Mohammad Matsna HS pada pukul 9.00 yang ditandai dengan pemukulan gong. Kemudian acara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana Ridwan Sahidin mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora jurusan SPI semester 8 yang aktif di berbagai organisasi, lalu sambutan dari ketua DPMU yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh sekjend DPMU Ahmad Tabrizi, serta sambutan dari pihak rektorat yang disampaikan oleh Pembantu Rektor (purek) 3 bidang kemahasiswaan Dr Sudarnoto Abdul Hakim.

Acara UBF ini dipenuhi dengan berbagai rangkaian acara yang pastinya dapat menambah khazanah ilmu para mahasiswa dan pengunjung pada umumnya. Pada hari pertama para pengunjung UBF ini disajikan sebuah Seminar Nasional dengan mengangkat tema “Mahasiswa Sebagai Kekuatan Politik” yang diisi oleh pembicara-pembicara berkompenten pada bidangnya seperti Burhanuddin, M. Ilyas dan Bima Arya. Acara dilanjutkan dengan Seminar Ekonomi Syariah yang diisi langsung oleh Bank Muamalat bersama dosen Fakultas Syariah dan Hukum, Hasan Ali. Acara hari pertama pun ditutup dengan Training Motivasi yang diisi oleh seorang trainer sekaligus dosen Fakultas Sains dan Teknologi, Taufik Edi Sutanto, M. Sc. Tech, S. Si.
Pada hari-hari berikutnya terdapat berbagai acara lainnya seperti bedah buku, training IT, seminar pergerakan, talkshow, training jurnalistik, hingga seminar internasional yang akan dihadiri oleh kedubes Palestina. Selain itu pula terdapat berbagai lomba-lomba yang akan turut memeriahkan acara UIN Book Fair ini. Ada pula hiburan-hiburan berupa performance dari Punk Muslim juga SNADA, IZZIA, dan WALI yang akan menjadi penutup acara UBF ini.

UBF ke-4 ini pun masih menggunakan jargon yang sama yang digunakan  di setiap tahunnya, “Beli Bukunya, Panen Ilmunya”. Jargon ini tentunya dikeluarkan dengan harapan banyaknya illmu yang akan dipanen atau didapatkan oleh para pengunjung yang hadir pada acara ini. Ilmu dari acara-acara yang berupa seminar-seminar, talkshow, training, bedah buku, maupun ilmu-ilmu yang didapatkan melalui buku-buku yang dibeli oleh para pengunjung.

Dyah Sukowati, mahasiswi Pendidikan IPA Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang merupakan salah satu pengunjung acara UBF ini mengatakan, “Good… acara ini bagus banget, jadi gampang cari buku-buku, doorprizenya juga keren banget. Pokoknya TOP banget deh…”. Berbagai opini senada lainnya pun hadir dari para pengunjung lainnya.

Layaknya acara-acara seperti UBF ini perlu dilestarikan, dikembangkan dan diperbanyak serta diperkaya lagi, guna meningkatkan minat baca di segala kalangan masyarakat Indonesia, pelajar dan mahasiswa khususnya, guna tercapai tujuan utama meningkatkan kemajuan bangsa kita, Indonesia. Sukses untuk UIN Book Fair 2011, sukses dan jayalah terus Indonesia.

_latihan jadi reporter..hehe,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar